Profil PPID UGM

PPID UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) berkomitmen untuk memberikan layanan informasi publik sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dalam rangka pelaksanaan layanan informasi publik, Rektor menerbitkan SK Nomor 876/UN.1.P/KPT/HUKOR/2023 tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 856/UN.1.P/SK/HUKOR/2017 tentang Pengelola Informasi dan Dokumentasi Universitas Gadjah Mada menyesuaikan perubahan SOTK di Universitas Gadjah Mada.

Pada keputusan terbaru tersebut Rektor mengangkat Wakil Rektor (Ex-Officio) sebagai Tim Pertimbangan dan Sekretaris Universitas (Ex-Officio) sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Utama. Dalam menjalankan tugasnya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Utama dibantu oleh Pelaksana Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi yang terdiri dari Kepala Biro Hukum dan Organisasi (Ex-Officio), Kepala Perpustakaan dan Arsip (Ex-Officio), Kepala Kantor Administrasi (Ex-Officio) Fakultas dan Sekolah, Koordinator Bidang Hubungan Masyarakat (Ex-Officio), dan Koordinator Bidang Pemberitaan (Ex-Officio).

Anda berhak mendapatkan layanan terbaik!

Atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed.,Sp.OG(K)., Ph.D. sebagai atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UGM dilantik menjadi Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) masa bakti 2022 - 2027 pada tanggal 27 Mei 2022. Ia lahir di Yogyakarta pada tanggal 19 Februari 1964 dan mengenyam Pendidikan S1 Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran UGM pada tahun 1982 - 1987. Setelah melanjutkan studi S2 Medical Education di University of  Dundee Skotlandia, pada tahun 1993 ia mulai terlibat dalam tim peneliti Lab Penelitian Gizi Masyarakat dan Kesehatan serta menjadi instruktur Skill Lab FK-KMK UGM. Ia kemudian juga melanjutkan Pendidikan untuk program Dokter Spesialis dan Dokter Subspesialis Obstetri dan Ginekologi di Fakultas Kedokteran UGM, serta program S3 di University of New South Wales Australia.

Beberapa jabatan yang pernah ia jalani di UGM di antaranya Koordinator Modul Inovasi Pendidikan Kedokteran FK UGM (1996 - 2003), Asisten Wakil Dekan bidang Akademik FK UGM (2005 - 2008), Ketua Tim Kurikulum (2008 - 2012), anggota Tim Pengembangan dan Perencanaan SDM RS Akademik UGM (2008 - 2010), Ketua Tim Koordinator Pelaksana Program Pendidikan Dokter Spesialis FK UGM (2009 - 2014), Wakil Dekan Bidang Akademik FK-KMK UGM (2012 - 2016), dan jabatan terakhir yang ia duduki sebelum terpilih menjadi Rektor adalah sebagai Dekan FK-KMK UGM (2016 - 2021 dan 2021 - 2022).

Sejumlah penghargaan yang pernah ia terima di antaranya First Prize for Young Gynecologist Award tahun 1998, Poster Prize Winner dan Free Paper Prize Winner on The 2nd Indonesian Medical Education Meeting and Expo tahun 2005, SIDA Award tahun 2006, The Best Lecture of Universitas Gadjah Mada tahun 2010, The Winner of the First Best Poster of Research in National Congress of Association of Indonesian Family Medicine tahun 2013, dan Bangga Kencana tahun 2020.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

Dr. Andi Sandi Antonius Tabusassa Tonralipu, S.H., LL.M. dilantik sebagai Sekretaris Universitas pada tanggal 23 Juli 2023. Andi Sandi merupakan pakar hukum tata negara dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada.

Accessibility Toolbar