PPID UGM Berbagi Praktik Baik Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik kepada PPID Kemenko PMK

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) UGM, Dr. Andi Sandi Antonius Tabusassa Tonralipu, S.H., LL.M. menerima kunjungan dari Tim PPID Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) pada Kamis (29/2) di Ruang Sidang Pimpinan UGM.

Pada agenda yang berlangsung sore hari, Andi Sandi membuka pertemuan dengan menjelaskan pelaksanaan keterbukaan informasi publik di lingkungan UGM, mulai dari proses permohonan informasi publik hingga pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik (Monev KIP) yang setiap tahunnya diikuti oleh UGM.

“UGM menjunjung tinggi nilai transparansi, namun bukan berarti kami ‘telanjang’. Dalam implementasi keterbukaan informasi publik, UGM mengacu kepada regulasi yang berlaku,” ucapnya.

PID Kemenko PMK, Dyah Tri Kumolosari mengutarakan bahwa melalui kunjungan ini Tim PPID Kemenko PMK ingin mendapatkan cerita praktik baik PPID UGM yang telah meraih predikat Informatif pada Monev KIP 5 (lima) tahun terakhir. “Terima kasih atas penerimaan UGM terhadap kunjungan dari PPID Kemenko PMK, kami ingin sharing dengan PPID UGM yang berhasil mempertahankan predikat Informatif dari Komisi Informasi Pusat. Kami ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan informasi publik di UGM,” ujarnya.

Pada kesempatan ini Dyah dan perwakilan PPID Kemenko PMK menyampaikan beberapa pertanyaan kepada PPID UGM dan proses diskusi berlangsung dengan interaktif. Dari proses diskusi yang telah berlangsung, PPID Kemenko PMK memiliki harapan untuk dapat mengadaptasi berbagai praktik baik yang dilakukan oleh PPID UGM.

Koordinator Bidang Hubungan Masyarakat selaku PPID Pelaksana, Hestining Kurniastuti, S.S., M.B.A. menjelaskan bahwa PPID UGM selalu melakukan evaluasi pada program kerja yang terlaksana, termasuk Monev KIP.

Sejak pertama kali mengikuti Monev KIP pada tahun 2016, UGM juga memiliki pengalaman mendapatkan peringkat yang fluktuatif hingga akhirnya dapat mempertahankan predikat informatif selama 5 tahun berturut-turut. Evaluasi dilakukan dengan melihat aspek mana saja yang masih memerlukan perbaikan atau peningkatan, selanjutnya dilakukan optimalisasi dari sumber daya yang tersedia untuk mencapai target yang telah ditentukan.

Selain berdiskusi, pada kunjungan ini PPID Kemenko PMK juga berkesempatan untuk melihat Ruang Pelayanan Informasi Publik PPID UGM yang terletak di Lantai 1 Sayap Selatan Gedung Pusat UGM.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Accessibility Toolbar