UGM dan PT Indonesia Marowali Industrial Park Kerja Sama di Bidang Peningkatan SDM Berkualitas

Universitas Gadjah Mada dan PT Indonesia Marowali Industrial Park (PT IMIP) sepakat untuk memperpanjang kerja sama pada program peningkatan sumber daya manusia berkualitas. Hal tersebut mengemuka dalam penandatanganan kerja sama yang dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM, Prof. Dr. Wening Udasmoro, S.S., M.Hum., DEA dengan HR Director PT IMIP, Achmanto Mendatu, Kamis (6/6) di Ruang Multimedia I, Kantor Pusat UGM.

Kerja sama ini membuka banyak kesempatan bagi mahasiswa dan alumni agar mendapatkan peluang kerja dan peningkatan studi ke jenjang yang lebih tinggi. PT IMIP menawarkan tiga program utama, yaitu beasiswa bagi mahasiswa Fakultas Teknik UGM, program magang, serta rekrutmen bagi lulusan UGM yang ingin berkarier di PT IMIP.

Wening Udasmoro menyambut baik kesempatan kerja sama untuk meningkatkan talenta-talenta di sektor mineral dan logam, mengingat Indonesia menempati posisi strategis di posisi global karena memiliki sumber daya alam yang melimpah. Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas agar mampu bertransformasi di bidang ekonomi melalui hilirisasi logam dan mineral. SDM ini yang kemudian diarahkan untuk bekerja di perusahaan kelas dunia seperti PT IMIP.

“Kami sangat mengapresiasi atas kesempatan yang diberikan oleh PT IMIP. Kami harap untuk program magang tidak hanya untuk mahasiswa tapi juga bisa untuk dosen muda atau dosen lama yang butuh refreshing pada keilmuannya dengan teknologi yang mutakhir,” ucap Wening.

Sementara, Achmanto Mendatu, mengatakan PT IMIP telah memiliki 110-120 alumni UGM yang bekerja di sana. Ia berharap jumlah ini akan bertambah di tahun-tahun selanjutnya karena peluang kerja di sektor hilirisasi mineral dan logam masih terbuka sangat luas. “Untuk program peningkatan sumber daya manusia ini, kami juga berkolaborasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, karena mineral dan logam adalah masa depan bangsa yang harus digarap dengan serius,” ungkap Achmanto.

Ia menjelaskan telah melaksanakan Lecture Series pada hari Selasa sebelumnya (4/6) untuk kegiatan campus hiring, internship, dan scholarship. Pada kegiatan tersebut, PT IMIP berbagi optimisme tetang masa depan hilirisasi mineral dan logam Indonesia kepada para peserta. Sepanjang tahun 2024, PT IMIP memberikan 200 kuota beasiswa bagi mahasiswa teknik, serta 500 kuota mahasiswa magang yang diprioritaskan untuk jenjang D4 dan S1 di 17 posisi yang mereka sediakan. Penandatangan MoU di tahun 2024 dilakukan untuk memperpanjang kerja sama yang telah terjalin sejak 2019 silam.

Penulis: Triya Andriyani

Foto: Firsto

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Accessibility Toolbar