UGM Bersama 12 Institusi Global Luncurkan WikiTropica, Platform Edukasi Kedokteran Tropis

Universitas Gadjah Mada bersama 12 institusi di Asia Tenggara dan Eropa yang tergabung dalam konsorsium Health Information Technology for Indonesia in Higher Education (HITIHE) meluncurkan platform edukasi digital bernama WikiTropica. Platform ini dibangun untuk menjawab kebutuhan tenaga kesehatan dan institusi pendidikan kesehatan untuk meningkatkan kapasitas di bidang kedokteran tropis.

WikiTropica menjadi instrumen pembelajaran daring/e-learning dengan pendekatan pelatihan kasus-kasus secara interaktif. Para akademisi dan klinisi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM ikut berkolaborasi untuk menyusun materi pembelajaran daring yang komprehensif dan merefleksikan situasi di Indonesia.

“Seluruh anggota konsorsium, termasuk Indonesia, berupaya untuk memberikan platform edukasi kedokteran tropis, dengan menyediakan kasus yang sering ditemui secara riil di lapangan,” terang Dr. E. Elsa Herdiana Murhandarwati dari Pusat Kedokteran Tropis, FK-KMK UGM, Jumat (8/9).

Peluncuran WikiTropica, terangnya, menjadi krusial dalam mengatasi tantangan kesenjangan akses pendidikan kedokteran tropis yang berkualitas di Indonesia. Kesenjangan kualitas pendidikan kedokteran di Indonesia menjadi penghambat bagi para tenaga kesehatan dalam meningkatkan kapasitas mereka dalam mendiagnosis dan mengobati pasien.

Tidak hanya berisi informasi terkait penyakit tropis, platform digital ini juga menjadi instrumen pelatihan yang komprehensif, yang disusun secara sistematis oleh akademisi dan profesional. Para tenaga kesehatan dan mahasiswa kedokteran dapat memperkuat kapasitasnya dalam melakukan diagnosis, memahami gejala, dan meresepkan obat, serta merefleksikan kompleksitas praktik medis sehari-hari.

Dr. Steven Van Den Broucke, dari The Institute of Tropical Medicine (ITM) Belgia, menekankan pentingnya diagnosis yang akurat, “Diagnosa yang salah dapat menyebabkan tindakan medis berlebihan. Dengan WikiTropica, kami ingin mengarahkan para tenaga kesehatan dan mahasiswa kedokteran dalam menghadapi tantangan diagnostik secara terstruktur dan rasional. Hal ini terutama penting dalam situasi dengan sumber daya terbatas, di mana tindakan medis berlebihan bukanlah pilihan,” terangnya.

WikiTropica merupakan bagian dari proyek HITIHE, yaitu jejaring kolaboratif profesional di bidang kesehatan, yang berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan kesehatan di Asia Tenggara. HITIHE adalah kolaborasi antara Belgia (The Institute of Tropical Medicine-ITM), Kamboja (Institute of Technology Cambodia, University of Health Sciences, National Institute of Public Health), Indonesia (Universitas Gadjah Mada dan Universitas Sebelas Maret), Spanyol (Sant Joan de Déu, Vall d’Hebron, ISGLOBAL), dan Belanda (Universitas Maastricht). Proyek ini telah terlaksana berkat dukungan Program Erasmus+ Uni Eropa dan Direktorat Jenderal untuk Kerja Sama Pembangunan dan Bantuan Kemanusiaan (DGD) dari Pemerintah Belgia.

Penulis: Humas Pusat Kedokteran Tropis

Editor: Gloria

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Accessibility Toolbar